a
Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipi. Suspendisse ultrices hendrerit a vitae vel a sodales. Ac lectus vel risus suscipit sit amet hendrerit a venenatis.
12, Some Streeet, 12550 New York, USA
(+44) 871.075.0336
silverscreen@edge-themes.com
Links
Follow Us
 

Belajar Meditasi

Belajar Meditasi

Uraian Belajar Meditasi oleh Andreas Pasolympia

Belajar Meditasi. Banyak orang di era sekarang ini ingin belajar meditasi. Beberapa karena hasil-hasil riset ilmiah yang memang menunjukkan manfaat konkrit dari meditasi, misalnya penurunan level stress dan juga bahkan lebih bertahannya sel Telomere yang adalah indikasi panjang umur. Beberapa orang lagi ingin belajar bermeditasi karena ada alasan psikologis seperti ingin berdamai dengan masa lalu, atau hal-hal lain seperti praktek meningkatkan mental health.

Namun sesungguhnya semua penelitian itu membawa perenungan yang lebih dalam lagi, tentang apa itu sebenarnya meditasi ? Mengapa melakukan praktek meditasi dapat memberkahi banyak hal pada lapisan tubuh maupun pikiran kita? Sejatinya ini terkait dengan apa hakekat dari belajar meditasi itu sendiri. Hakekat dari belajar meditasi adalah mengenal Kesadaran. Kesadaran ini adalah sesuatu yang paling sederhana, sekaligus paling kompleks di seluruh alam semesta raya ini. Sudut pandang lain untuk mengatakan hal ini adalah bahwa meditasi itu adalah untuk mengeksplorasi Bathin, yang juga adalah sesuatu yang sederhana sekaligus kompleks.

Kesadaran ini sangatlah sederhana, karena ia adalah yang membuat kita bisa mengalami seluruh pengalaman di hidup ini. Anda bisa membaca tulisan ini ? Ya, karena Anda sadar. Berkat Anda sadar-lah maka pengalaman membaca ini dapat Anda alami. Meditasi adalah upaya untuk terhubung dengan suatu kualitas yang sangat mendasar itu. Namun sebenarnya ketika kita telah terhubung dan semakin mengenali Kualitas Terdalam di dalam hidup kita ini, banyak hal-hal baik yang mekar secara otomatis di dalam pribadi kita. Seperti cinta kasih, welas asih, kesabaran, kebijaksanaan, dan lain sebagainya.

Kita bukanlah seperti kertas putih yang bisa diprogram baik secara negatif maupun positif. Perumpamaan yang lebih tepat adalah, kita seperti batu permata yang begitu indah. Namun tertutupi lumpur yang kotor, sehingga kualitas keindahan yang begitu besar itu tertutupi atau tidak terkenali, begitu lebih tepatnya. Meditasi adalah suatu praktek yang mau untuk mengenal kualitas terdalam dari diri kita tersebut. Yang adalah esensi kita sebenar-benarnya. Yang Sejati.

Hakekat Bathin

Sehingga sangatlah wajar apabila orang yang melakukan praktek dan belajar meditasi dengan tepat, maka ia akan terhubung dengan Kekuatan Kehidupan itu sendiri, dan banyak hal baik yang akan mekar daripadanya. Mulai dari kesehatan, kebijaksanaan, welas asih, dan banyak efek samping baik lainnya. Meskipun esensi utama meditasi ya adalah itu tadi, mengenal “permata indah” yang adalah Hakekat Bathin kita yang paling Sejati. Begitu lapang, luas, terbuka, benderang, dan memiliki perwujudan hal-hal baik yang menjadi parfum alamiahnya.

Untuk mengenal Hakekat Bathin atau Esensi Sejati Kesadaran kita itu, banyak metode yang bisa dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk metode-metode tidak langsung, bisa melalui pengolahan nafas, pengolahan gerak tubuh, niat dan visualisasi, puji-pujian dengan lagu ataupun kata-kata suci yang diulang, atau dengan metode lainnya.

Sedangkan dalam belajar meditasi yang menggunakan metode langsung, penekanannya adalah langsung saja untuk mengenali Kesadaran sebisa kita dan semampu kita. Meskipun tidak akan bisa langsung-langsung amat ya. Akan tetapi, secara relatif sudah langsung. Caranya sebenarnya begitu mudah dipelajari, meskipun butuh waktu seumur hidup untuk mendalami esensinya. Sangat mudah sekali. Caranya adalah dengan menyadari apa yang kita lakukan. Sadari aja bahwa ada hal-hal yang terjadi, dan juga kita sendiri “sadar” saat melakukan itu. Meskipun hanya beberapa detik.

Praktek Meditasi

Misalnya sekarang ini, sadari bahwa Anda melihat tulisan ini. Sadari saja bahwa ada proses penglihatan, ada pengalaman membaca, dan kita sadar hal-hal itu lho. Sederhana sekali, tidak perlu kita buat repot-repot. Hanya beberapa detik saja, namun hendaknya sangat sering kita latih. Sadari nafas secara alamiah, beberapa detik saja. Sadari bahwa ada pikiran-pikiran, beberapa detik saja. Kita sadar. Ada Kesadaran.

Ada Kualitas Yang Mengetahui. Ada aktivitas makan, kita mengetahui aktivitas makan. Kemudian kita akan terhanyut lagi, tidak apa-apa. Sadari saja lagi, beberapa detik. Kemudian hanyut lagi, tidak apa-apa. Sadari saja lagi beberapa detik. Terus menerus seperti itu. Tidak perlu terlalu pusing mengenai “apakah saya sudah benar atau belum, apa inti Kesadaran, apakah saya sudah benar bahwa inilah Kesadaran yang dimaksud”, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Praktekkan saja sebisanya, begitu alamiah apa adanya. Istirahatkan Bathin di saat ini dan di sini. Ketika bernafas, sadari saja apa adanya, tidak perlu ditahan. “Nafassssss harus sadar”, begitu tidak perlu. Sadari saja biasa, beberapa detik apa adanya. Inilah Jalan Yang Langsung. Ketika mandi, sadari mandi, ketika mengantuk sadari mengantuk, ketika ada suara sadari ada suara. Hanya sadari saja apa adanya. Ada pikiran juga sadari saja ada pikiran.

Semua hal dan kegiatan bisa dijadikan sarana untuk mengenali Kesadaran. Dengan mempraktekkan hal yang sangat sederhana di atas kita akan semakin mengenal suatu keterbukaan yang adalah esensi Bathin kita. Secara alamiah kita akan semakin mengenal suatu Kualitas Bathin kita yang Lapang, Sadar, Terbuka, dan Alamiah Apa Adanya. Namun pada saat yang sama Kesadaran yang begitu Alamiah itu juga di dalamnya ada Semangat, Cinta Kasih, Daya Juang, Sukacita, dan banyak Keindahan lainnya.

Jalan Langsung

Praktek diatas adalah intisari dari Jalan Yang Langsung pada tingkat awal permulaannya. Namun praktek ini akan dibawa sampai sangat jauh, seiring dengan pemahaman kita yang semakin dalam tentang apa itu Kesadaran, apa itu Realitas, dan lain sebagainya. Arahkan niat kita pada Kesejatian, Kebenaran, Keindahan Murni sesuai dengan aliran cara yang paling selaras di hati kita.

Niatkan untuk meneladani Para Bijaksana yang telah terlbih dahulu meniti jalan ini, niatkan saja minimal sebagai inspirasi semangat. Niatkan dengan tulus bahwa kita akan semakin mengenal Keindahan Terdalam yang ada didalam Bathin kita. Kebahagiaan Sejati. Kemudian doakan pula bahwa semoga semua makhluk mengenal Kebahagiaan Sejati itu juga yang adalah Esensi Sejati dari kita semua.

Demikian telah diuraikan penjabaran pemula dari Belajar Meditasi dengan Jalan Yang Langsung. Semoga memberkahi kita semua, dan semoga kita semua dapat semakin mengenal Kebahagiaan Sejati yang ada didalam Hakekat Bathin kita semua.

 

NB – Catatan Tambahan :

1. Bagi yang ingin mendalami meditasi dengan berbagai sudut pandang yang lebih luas, ada Playlist Seri Belajar Meditasi yang kami buat di YouTube. Berikut ini link yang para sahabat dapat klik untuk menonton Seri Belajar Meditasi tersebut. Didalam Seri Belajar Meditasi tersebut banyak perspektif-perspektif yang akan melengkapi praktek bermeditasi kita semua.

Link : https://youtube.com/playlist?list=PL2ZzgqA2JtIM8AUlAj7O-uL8uSR5lOogH

2. Kemudian apabila ada pertanyaan seputar Belajar Meditasi boleh ditanyakan kepada saya di wa.me/628562668555 untuk didiskusikan bersama dengan para sahabat semua di Grup WhatsApp Pejalan Keajaiaban (Invitation Only – Silahkan WA apabila hendak bergabung) atau Grup Telegram Berlimpah Bahagia t.me/berlimpahbahagia

No Comments

Leave a Comment